Menikmati Sunrise di Sikunir


Daerah dieng biasanya terkenal dengan kawah dan candi-candinya, namun ternyata di dieng juga terdapat bukit dimana kita bisa melihat sunrise yang sangat indah. Bukit sikunir namanya, katanya sunrise disini termasuk salah satu sunrise terbaik di dunia.

Bukit sikunir ini terletak di desa sembungan Kecamatan Kejajar Wonosobo. Desa Sembungan sendiri adalah desa tertinggi di pulau Jawa. Untuk menuju ke sikunir kita bisa menuju ke pertigaan dieng kemudian belok kiri dan tinggal mengikuti jalan saja.
Bagi yang ingin menginap dulu, tenang saja karena di sembungan sudah ada banyak homestay.Bisa juga mendirikan tenda di lapangan samping telaga cebong atau langsung di puncak sikunir. Tapi lebih baik langsung di puncak agar kita tidak tergesa-gesa untuk menyaksikan sunrisenya. Jarak tempat parkir ke puncak sebenarnya cukup dekat tapi jalan yang menanjak bisa membuat nafas tersengal.
penampakan bintang disamping tenda saya sebelum kabut

Jika beruntung, dari puncak sikunir kita juga bisa melihat bintang-bintang bertaburan karena sedikit polusi cahaya disini.
sekitar pukul 04.00 puncak mulai ramai dan pengunjung bersiap di posisi terbaiknya. Langit yang semula gelap kemudian dihiasi garis-garis cahaya jingga. Para pemburu foto seolah tak ingin melewatkan momen ini, berbagai jenis kamera pun dikeluarkan.
matahari yang mulai menampakkan diri

Tak lama, matahari mulai menyembul seperti jerawat yang akan pecah, kata teman saya. Ketika matahari semakin naik beberapa gunung mulai jelas terlihat.
telaga cebong 

pemandangan di telaga cebong

Jika kita berjalan ke arah barat, kita bisa melihat telaga cebong beserta lapangannya dari atas.
setelah puas kita bisa turun menuju telaga cebong dan jangan lupa bawa sampah dan buanglah pada tempatnya.


Comments

Popular Posts