Gunung Kendil dan Berbagai Model Pemandangannya



Ada sensasi tersendiri ketika kita bisa sampai di suatu tempat yang masih sepi dan jarang dieksplorasi. Siang itu saya dan empat teman mencoba melakukannya dengan mendaki sebuah gunung yang belum begitu populer yang terletak di daerah Banyubiru, Kabupaten Semarang. Gunung  yang tak begitu tinggi dan menurut saya lebih mirip bukit, tapi warga menyebutnya dengan gunung Kendil ya sudah saya ikut saja.

Tak ada basecamp disana, hanya ada rumah yang pekarangannya kami jadikan tempat parkir. Jalan menuju puncak diawali dengan menyusuri tepian kebun jagung dengan jurang di sisi kanan. Kemudian berlanjut di jalan undakan yang terjal, meskipun berundak tipikal tanah disini licin sehingga tetap diperlukan kehati-hatian agar tidak terpeleset.

Jalur di Gunung Kendil

Banyak warga yang mencari rumput di sekitar Kendil ini, karena memang rumput tumbuh subur disini terutama rumput gajah. Bahkan rerumputan itu banyak yang masih melintang di sepanjang jalur menuju puncak. Ini membuktikan bahwa tempat ini memang masih jarang dikunjungi selain oleh warga sekitar. Celana dan kaos lengan panjang diperlukan agar tidak gatal-gatal akibat rumput tadi.

Rawa Pening dan enceng gondoknya

Butuh waktu sekitar 45 menit untuk sampai di puncak. Dari puncak terlihat berbagai model pemandangan, salah satunya adalah danau Rawa Pening dari ketinggian. Banyaknya enceng gondok yang menutupi permukannya membuat saya susah membedakan mana eceng gondok mana daratan. Pernah saya membaca sebuah berita yang menyebutkan dalam beberapa tahun lagi pertumbuhan eceng gondok dan sedimentasi bisa mengubah Rawa Pening menjadi daratan jika tidak ada usaha perbaikan yang serius. 

Petak-petak sawah yang belum ditanami

Terlihat pula pemukiman di lereng-lereng dataran tinggi sekitar Banyubiru. Petak-petak sawah yang belum ditanam menjadi pelengkap pemandangan dari puncak Kendil dan ini adalah salah satu tipe pemandangan favorit saya. Memang ada sudut pandang yang berbeda ketika melihat suatu tempat dari atas seperti ini.

Cukup lama kami berada di puncak. Awan gelap juga mulai mendekat sehingga saya dan teman-teman memutuskan untuk segera turun. Jalan yang licin membuat kami terpeleset tapi memang begitulah asiknya menikmati alam. Beruntungnya hujan turun tepat ketika kami sampai di rumah warga. Dengan ramahnya ibu pemilik rumah keluar dan mempersilahkan masuk rumahnya padahal baru kali itu kami bertemu. Keindahan suatu tempat ditambah keramahan penduduknya adalah suatu perpaduan yang pas. Semoga lain waktu saya bisa datang ke gunung ini lagi untuk menyaksikan terbitnya matahari.

Comments

Popular Posts