Taman Nasional Baluran, Afrika ala Jawa



Padang rumput kering yang begitu luas dan hewan-hewan berkeliaran di alam bebas pasti kita langsung membayangkan Afrika. Padahal di Indonesia juga ada suatu tempat seperti itu yaitu di Taman Nasional Baluran yang letaknya di kecamatan Banyuputih, Situbondo Jawa Timur. Untuk menuju ke sana bisa menyewa angkot dari Banyuwangi atau naik bus arah Situbondo, gerbang Baluran ini terletak di tepi jalan sehingga aksesnya cukup mudah. Namun untuk menuju sabana Bekol kita harus menyewa mobil atau ojek. Tapi kalau ingin merasakan sensasi yang berbeda seperti rombongan saya waktu itu bisa berjalan kaki dari batangan hingga bekol pulang pergi sejauh 24km.

Sabana dengan pohon bekol

Di Baluran ini hampir semua tipe vegetasi yang ada di Indonesia ada disini, tapi vegetasi sabana lah yang mendominasi. Waktu yang tepat untuk ke Baluran adalah antara bulan Mei sampai bulan Oktober karena rumput-rumput di sabana bekol sedang kering-keringnya sehingga suasana Afrika lebih terasa. Ketika musim kemarau itu juga banyak hewan-hewan yang berkumpul di Bekol karena sumber air hanya ada di situ.

Rusa-rusa di tengah sabana

Satwa di sini juga tidak kalah beragam, ada sekitar 26 jenis satwa. Jika kita menuju Bekol ketika masih pagi, kita bisa melihat kawanan rusa, merak, kerbau liar dan lutung. Jika beruntung bisa melihat banteng, harimau, ular, burung elang dan hewan lain yang jarang ditemui. Dan sepertinya saya cukup beruntung bisa melihat burung elang yang masih bersantai di ranting pohon. Begitu sampai bekol pun sudah disambut oleh seekor kerbau liar jantan dan pulangnya melihat ular kuning di tengah dedaunan. Kata pak sopir yang mengantarkan saya, selama di baluran baru kali ini dia melihat ular berwarna kuning, yang sering ditemui biasanya ular belang hitam putih atau berwarna hijau. Ya, keberuntungan dan kejelian mata diuji disini. Siapkan juga lensa tele, karena tempat yang begitu luas dan hewan-hewan yang enggan didekati manusia.

Pantai Bama


Baluran juga memiliki pantai, pantai Bama namanya. Pantainya  masih bersih dan sepi, selain itu disini juga tempat yang tepat untuk melihat matahari terbit. Sepanjang jalan bekol menuju pantai Bama ini lah hewan-hewan banyak berkumpul. Rusa dan kera  juga sering mampir ke pantai ini. Ada juga hutan mangrove disini dan konon adalah hutan mangrove terbesar se Asia Tenggara, sayangnya saya belum diberi kesempatan untuk mengunjungi kawasan mangrove tersebut. Semoga lain waktu bisa mengunjunginya dan menjelajah Baluran lagi.

Comments

Popular Posts