Candi Plaosan, Candi yang Lengkap Untuk Fotografi


Kata dosen saya, salah satu bagian yang sulit dari mengelola blog adalah untuk memposting secara rutin. sekarang hal tersebut benar-benar saya alami, setelah 3 bulan tidak mengisi postingan, kini hasrat untuk menulis baru datang kembali.

Kali ini saya akan membahas mengenai sebuah candi di daerah Klaten, Jawa Tengah yaitu candi Plaosan. Memang tidak sepopuler candi Borobudur, candi Prambanan ataupun candi Ratu Boko tetapi mungkin candi ini sudah familiar di kalangan fotografer, karena candi Plaosan adalah tempat yang lengkap untuk fotografi. Kenapa saya katakan lengkap? karena dalam satu lokasi kita bisa memotret arsitektur candi dipadukan dengan berbagai genre fotografi sekaligus.

Arsitektur Candi Plaosan

Pertama fotografi arsitektur itu sendiri. Candi Plaosan terdiri dari dua kompleks candi yang saling berhadapan, yaitu candi Plaosan Lor (utara) dan candi Plaosan Kidul (selatan) tetapi yang lebih sering dikunjungi adalah candi Plaosan Lor, mungkin karena areanya yang lebih luas dan bangunannya yang lebih tertata rapi . Candi yang dibangun pada zaman kerajaan Mataram Kuno ini memiliki gaya arsitektur perpaduan antara candi Hindu dan Buddha sehingga memotret bangunan candi beserta detailnya, termasuk patung-patung dan reliefnya adalah sesuatu yang menarik.

 Plaosan Menjelang Senja

Tampak gunung Merapi 

Kedua kita bisa memotret landscape atau pemandangan sekitar candi Plaosan. Waktu terbaik untuk memotret pemandangan Plaosan adalah ketika sunrise dan sunset. Dari foto yang saya lihat kebanyakan fotografer memotret dari luar area candi dan menjadikan sawah sebagai foreground. Jika ingin memotret sunrise bisa dari sisi barat candi, sedangkan sunset dari sisi timur. Ketika cerah gunung Merapi pun bisa terlihat dari candi Plaosan ini.

Ibu yang pagi-pagi sudah mencari kayu 

Bagi yang ingin memotret human interest juga bisa. Warga sekitar masih banyak yang menggunakan sepeda onthel, sehingga menunggu momen mereka lewat dan memasukkannya dalam frame bisa membuat foto menjadi lebih menarik. Atau aktivitas petani yang sedang menanam padi berlatar candi Plaosan sepertinya juga menarik untuk diabadikan melalui lensa kamera.

Bahkan jika sedang beruntung ada burung-burung kuntul yang mampir di sawah samping candi Plaosan, sehingga yang memiliki hobi memotret hewan bisa disalurkan di tempat ini.
Selain itu candi  ini juga sering digunakan untuk foto model atau foto pre wedding.

Ketika ke Yogyakarta dan sekitarnya, sempatkanlah untuk ke candi Plaosan. Selain bisa belajar sejarah, yang memiliki hobi fotografi juga bisa memotret dengan puas disini, dengan catatan cuaca sedang cerah.

Comments

Post a Comment

Popular Posts